Kamis, 25 Juli 2013

Perjalanan dan hasil kegiatan



Perjalanan dan hasil kegiatan
      Wisata di SD Negeri 4 Jati Wetan dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Biasanya diperuntukkan untuk siswa kelas enam SD . Dengan tujuan agar siswa lebih rileks dan sekaligus untuk menjernihkan / menyegarkan pikiran sebelum menghadapi ujian nasional . Pada tahun pelajaran 2009 – 2010 , SD Negeri 4 Jati Wetan mengadakan wisata ke dua obyek wisata yaitu Wisata Bahari Lamongan ( WBL ) dan Goa maharani . Siswa – siswi kelas enam SD negeri 4 Jati Wetan berkumpul di SD terlebih dahulu . Setelah semua murid terkumpul , semua murid dan guru pembimbing berbondong – bondong menuju bus . Bus untuk wisata ini berwarna biru dan bermerk Simphony . Sebelum wisata di berangkatkan , siswa – siswi membaca do’a dipimpin oleh guru agama yang bernama Bu. Fatonah . Wisata diberangkatkan pukul 05.30 . Di perjalanan menuju ke Lamongan sangat asyik sekali karena di perjalanan terdapat pemandangan yang sangat indah . Selain pemandangan yang sangat indah , juga di temani musik yang lagi popular dan cemilan yang enak . walaupun perjalanan wisata ini sangat asyik , tetapi banyak siswa yang mual karena jalan yang tidak bersahabat dan ada juga sebagian siswa yang tertidur karena hembusan ac yang dingin . Jam 12.30 WIB , akhirnya wisata pun sampai tujuan pertama kami yaitu WBL . Siswa – siswi segera turun dari bus dan makan siang yang telah di sediakan dari sekolah . Setelah makan siang , bagi siswa yang beragama islam segera bergegas menuju mushola untuk sholat dhuhur. Selesai sholat dhuhur, semua murid dan guru – guru menuju ke pintu loket untuk masuk ke area wahana WBL .

WBL atau Wisata Bahari Lamongan adalah tempat wisata yang terletak di pesisir pantai Jawa, tepat nya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tempat wisata ini berdiri pada tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata Pantai Tanjung Kodok. Tempat wisata tersebut berdiri di areal seluas 11 hektar. Tempat wisata tersebut buka sekitar jam 08.30 – 17.30.
Harga tiket untuk hari senin – kamis :
WBL : Rp 35.000
WBL + gua maharani : Rp. 45.000
Untuk weekend / liburan :
WBL : Rp. 45.000
WBL + gua maharani : Rp. 60.000

Di dalam terdapat banyak wahana yang menarik untuk di naiki . Di area wahana WBL terdapat wahana yang sudah terbayar seperti crazi car coaster, kolam renang, waterbom, kano, anjungan walisongo, rumah sakit hantu, motocross, dll. Dan ada yang jika kita menaiki harus membayar lagi seperti wahana: gokar, fliying fox, sepeda air , dll. Wahana yang cukup menantang di dalam Wisata Bahari Lamongan (WBL) antara lain Rumah Sakit Hantu,crazi car dan jet coster , dll.

Setelah semua murid menikmati wahana yang terdapat di WBL. Wisata kami lanjutkan ke tujuan kedua yaitu Goa Maharani . Salah satu keajaiban alam berupa gua istana maharani yang menyimpan keindahan alam lebih spesifik dan unik diatas rata-rata gua wisata yang lain . Stalaktit dan stalagmit yang tumbuh di dalam goa dapat meman-carkan cahaya warna warni bila terkena cahaya. Di dalam Goa memang terdapat stalaktit - stalagmit yang menyerupai singgasana Maharaja, flora dan fauna,.. yang sangat indah bersinar - sinar seperti mutu manikam intan baiduri. Dari tetesan air bebatuan gamping yang menyerupai karang sejak jutaan tahun yang lalu secara alami endapannya mengkristal membentuk berbagai perwujudan yang sangat mengagumkan. Stalaktit dan stalagmit tersebut ada yang disebut Lingga Pratala (menyerupai alat vital laki - laki), Yoni Pratiwi (alat vital perempuan), Cempaka Tirta (bunga kanthil), Karang Raja Kadal (menyerupai dinosaurus), Selo Gajah (menyerupai kepala gajah), bunga Mawar, pohon Beringin dan berbagai bentuk lainnya yang teramat unik dan indah.

Sebelum masuk ke dalam goa maharani, kami disambut oleh satwa – satwa yang terdapat pada area wisata tersebut . Di area satwa tersebut terdapat banyak hewan yang jarang kami temui seperti : harimau, macan, kudanil, buaya, dll. Disana juga terdapat museum hewan yang berisi banyak tulang / fosil hewan – hewan purbakala yang telah di awetkan . Setelah melihat – liat satwa di area wisata tersebut. Kami masuk ke dalam goa maharani. Di dalam goa maharani tampak keindahan yang tampak dari stalaktit dan stalagmit. Disana juga terdapat batuan – batuan yang indah. Setelah melihat isi gua, kami kembali ke bus. Kami beranjak pulang dengan membawa pengalaman yang tidak terlupakan .

BAB III
PENUTUP


A. SIMPULAN
Berdasaran isi laporan ini , dapat disimpulkan bahwa tujuan obyek wisata yang dikunjungi oleh siswa – siswi SD 4 Jati Wetan yaitu WBL dan goa maharani. Di dalam obyek tersebut sangat menarik untuk di datangi saat liburan Karena di dalam sana kita dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan sekaligus untuk refresing dengan biaya yang terjangkau .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar